Para Sneakerhead Perlu Tahu Sejarah dan Fakta Unik Sepatu Sneaker

Sneaker merupakan salah satu jenis sepatu paling populer di dunia, bahkan bisa dibilang sepatu sejuta umat. Menggunakan sneakers bisa membuat penampilanmu lebih stylish, dan sepatu ini sering menjadi statement gaya. Sebelum terkenal seperti sekarang, sneaker sejarah yang panjang.

Kata sneakers sendiri berasal dari ‘sneak’ yang berarti mengendap-endap. Tidak seperti sepatu lain, high heels misalnya, ketika menggunakan sepatu sneakers yang terbuat dari sol karet, ini membuat orang yang menggunakannya tidak memiliki suara derap langkah saat berjalan. Saat menggunakan sepatu ini seperti sedang menyelinap, mengendap-endap, atau mengikuti orang-orang secara diam-diam.

Sneakers sendiri sebenarnya sudah ada sejak 1800-an. Di akhir abad 18, sepatu sneaker dikenal dengan nama plimsolls, yaitu sepatu yang menggunakan sol terbuat dari karet. Pada saat itu juga sneaker masih belum nyaman digunakan, ini karena awalnya diciptakan tanpa membedakan kaki kiri dan kanan.

Pada akhir 1892, salah satu perusahaan karet asal Amerika Serikat berusaha mengembangkan sepatu bersol karet dengan kanvas sebagai penutup punggung kaki. Ini membuat sepatu ini mulai nyaman digunakan.

Sneakers mulai mendunia pada 1924, hingga masuk ke daratan Eropa. Inilah cikal bakal terciptanya brand sneakers dunia, yaitu Adidas. Pada tahun tersebut, seorang pria asal Jerman bernama Adolf Dassler menciptakan sebuah sneakers yang terinspirasi dari namanya sendiri yaitu Adidas. Brand ini pun akhirnya sukses mendunia dan menjadi salah satu brand sepatu olahraha terpopuler.

 

 

Sumber :

https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-3415426/pencinta-sneakers-wajib-tahu-dari-mana-sebutan-sneakers-berasal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *