Jangan Asal Pilih Alas Kaki Jenis Sepatu ini Bisa Berdampak Buruk bagi Kaki

Umumnya, setiap orang pasti akan membutuhkan alas kaki saat akan bepergian keluar rumah. Baik menggunakan sendal maupun sepatu. Tipe pun beragam, apalagi yang diperuntukan untuk para wanita yang memiliki banyak model sepatu.

Rata-rata setiap orang mengabiskan 245-292 kilometer setiap tahun untuk berjalan. Inilah mengapa sangat penting untuk memperhatikan jenis sepatu yang akan digunakan. Ini agar sepatu yang kamu kenakan tidak merusak kaki.

Berikut terdapat beberapa jenis sepatu yang bisa berdampak buruk bagi kaki dilansir dari Bright Side.

  1. Tipe hak tinggi. Kebanyakan para wanita sangat suka menggunakan sepatu hak tinggi karena bisa membuat kesan anggun dan juga menarik. Namun para ahli menyebutkan bahwa menggunakan sepatu hak tinggi bisa menyebabkan keseleo, kuku jari kaki tumbuh ke dalam, kerusakan saraf, dan juga nyeri punggung bagian bawah. Para peneliti menyarankan untuk menggunakan sepatu hak tinggi yang tingginya lebih dari 7 cm.
  2. Tipe runcing. Jika kamu memiliki kaki yang lebar, maka sepatu yang meruncing di bagian tengah tidak cocok untukmu. Tipe ini terlalu ketat dan akan memberikan banyak tekanan pada jari. Jika digunakan bisa menimbulkan nyeri saraf dan kulit melepuh.
  3. Tipe platform. Sepatu platform sangat tidak fleksibel dan memiliki alas kaki yang kaku. Sepatu seharusnya bisa mengulang dan memperkuat gerakan kaki ketika melangkah. Tetapi jenis platform malah melakukan yang sebaliknya.
  4. Sepatu lari. Para ahli menyarankan orang-ornag untuk tidak mengenakan sepatu lari atau running shoes setiap harnya. Meski bisa membuat penampilan terkesan santai dan sporty, sepatu lari bisa merusak kaki dan benturannya terlalu fleksibel dan juga lembut.

Sumber :

https://www.liputan6.com/global/read/3888444/hati-hati-4-jenis-sepatu-ini-bisa-berdampak-buruk-bagi-kaki