Ketahui Alasan Tidak Menggunakan Sepatu di Dalam Rumah

Indonesia memiliki tradisi tidak menggunakan alas kaki di dalam rumah. Namun ternyata, jika dilihat dari kesehatan terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Selain karena kebiasaan, tidak menggunakan sepatu juga bisa menghindari racun, debu, dan juga bisa menyangkut karena kesopanan. Dilansur daei Readers’s Digest berikut beberapa alasan kamu harus melepas sepatu.

  1. Racun. Penelitian yang diterbitkan oleh Environmental Science & Technology mengemukakan bahwa residu sangat mudah ditemukan pada celah karpet akibat injakan bekas sepatu. Racun ini bisa seperti Herbisida 2,4-D yang bisa menyebabkan ruam kulit hingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.
  2. Kotoran dan bakteri. Studi yang dilakukan oleh University of Houston Amerika Serikat menemukan bahwa sekitar 40 persen sepatu terkontaminasi bakteri Clostridium difficile, bakteri ini bisa menyebabkan diare. Bahkan 70 persen sepatu boots yang sudah disterilkan akan tetap mengandung E coli setelah dilakukan di luar ruangan.
  3. Merusak lantai. Sepatu yang abrasive bisa membuat lantai yang kamu miliki menjadi tergores dan juga kotor. Sangat disarankan juga untuk membatasi penggunaan penyedot debu dan sabun untuk karpet.
  4. Tanda menghormari pemilik rumah. Seorang perancang interior Jenny Nakao Hones mengatakan bahwa tindakan melepas sepatu selain karena alasan sanitasi, namun juga sebuah tanda menghormati pemilik rumah.

Sumber :

https://www.liputan6.com/health/read/3890233/7-alasan-tak-perlu-pakai-sepatu-di-dalam-rumah